Menjemput Jodoh Kenapa Harus dengan Ta’aruf ?

Kenapa harus ta’aruf ? Tak harus, jika kamu mau dijodohin oleh orangtua dengan pilihan mereka juga tak apa-apa, namun perjodohan tak kamu sukai, ta’aruf adalah jalan terbaik. Jika kamu merasa ingin mengenal dulu calon pasanganmu seperti apa, ta’aruflah jalannya, bukan pacaran.

Ketika kamu berniat mencari pendamping hidup, dan menemukan sosok yang kamu sukai, lalu menjadikan pacaran untuk sarana mengenal lebih dalam seperti apa calon pasanganmu itu adalah hal salah. Bagaiamana kamu bisa mengenalnya jika hanya pertemuan yang sudah disiapkan dengan penampilan dan tuturkata yang baik. Bagaimana kamu bisa mengenal jika hanya jalan-jalan dan makan berdua, bagaiamana kamu bisa mengenal jika sudah terbawa nafsu untuk bermesra dalam kemaksiatan. Tak ada perkenalan dalam pacaran, karena dengan pacaran hanya menampilkan sisi-sisi baik dalam dirimu.

Dengan itu ta’aruf ialah jalannya. Dengan ta’aruf kamu bisa saling mengenal, saling jujur dan terbuka, dengan ta’aruf kamu terjaga dari kemaksiatan, karena ta’aruf bukanlah pertemuan untuk berdua. Tapi ada perantara yang menemani, jadi tak ada celah untukmu bermesra dan saling menebar rayaun dan gombalan.

Dengan ta’aruf itu jelas-jelas tujuannya ialah pernikahan, bukan hanya untuk bermain yang mengedapankan nafsu semata. Ta’aruf jelas hanya untuk yang benar-benar sudah siap menikah, karena dengan ta’aruf akan berlanjut kepernikahan jika saling menemukan kecocokan.

Intinya ialah pernikahan itu suci, pernikahan bertujuan untuk mencari keberkahan dalam membangun rumah tangga dan generasi Islam berikutnya. Maka mulailah pernikahan yang suci itu dengan jalan yang suci, jalan yang diridhai Allah. Walaupun berlanjut kepernikahan, pacaran tetaplah jalan yang salah, pacaran tetap sebuah kemaksiatan, jadi hindarilah untuk memulai suatu yang suci dengan kemaksiatan.

Jika kamu sudah memulai suatu yang baik dengan yang baik juga, InsyaAllah keberkahan dan kebahagaian berumah tangga akan dapat kamu dapatkan. Semoga kamu yang masih ragu dengan ta’aruf bisa lebih yakin bahwa memulai sesuatu dengn berpedoman Al-qur’an dan sunah maka Allah akan beri kemudahan dan kelancaran. Aamiin..

 

 

Sumber Foto: IG @inspirasipengantinmuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *