Jomblo Saja Tak Cukup!!!

Boleh saja kita bertepuk syukur karena masih istiqamah di jalan jomblo. Kita sudah bersusah payah buat tidak pacaran. Kita melepasnya demi meraih cinta-Nya dulu. Tapi sebentar dulu, jadi jomblo saja tidak cukup. Kita bersaing sehat untuk mendapatkan jodoh terbaik. Sebelum Allah datangkan si dia, ada baiknya kita upgrade diri dulu. Naikkan level diri kita, pemantasan diri. Agar kita punya nilai unggul yang kita miliki, bukan sekedar jadi jomblo biasa-biasa saja.

Selayak smartphone milik kita. Apa jadinya bila tidak upgrade ponsel kesayangan kita itu?

Biarpun harus sedekah kuota, kita rela upgrade beberapa aplikasi biar kekinian. Sehingga kita tidak gaptek alias gagap teknologi. Tentu beda rasanya aplikasi yang belum di-upgrade dengan yang sudah. Banyak yang berubah dari segi tampilan, fitur, emoticon dan lain-lain.

Nah, bila untuk aplikasi smartphone saja kita rela sedekah kuota besar-besaran. Apalah lagi untuk diri kita sendiri. Terus upgrade dirinya bagaimana sih? Ya gampang ko, asal ada kemauan saja dulu. Kemauan yang berasal dari kesadaran untuk jadi action.

Ini ada beberapa hal yang wajib kita upgrade untuk jadi jomblo berkualitas. Diambil dari buku Jomblo Dunia Akhirat.

1. Upgrade Knowledge

Ya, kita harus jadi jomblo yang gemar belajar. Agar selalu ada pengetahuan yang bertambah setiap harinya. Bahkan lebih bagusnya lagi, kita punya waktu yang disebut dengan ME TIME. Artinya kita harus punya waktu khusus buat menambah ilmu kita. Misalnya, saat week days, buat komitmen baca buku sehari 1 jam. Sedangkan pas week end, kita gunakan buat ikut seminar, training, kajian, daurah atau jam baca bukunya lebih banyak dari hari-hari biasanya. Dari sini bakal ketauan bahwa mana jomblo cerdas dengan yang cuma banyak omong saja.

Nah menyalin dari buku Jodoh Dunia Akhiratnya Canun Kamil dan Teh Fu. Ilmu yang harus di upgrade bagi jomblo itu. Ilmu apa saja sih, berikut ilmu yang wajib di upgrade:

  • Ilmu Pernikahan

Nikah itu harus punya ilmu juga. Jangan ujug-ujug nikah karena sudah terlanjur cinta. Ilmu pernikahan menjadi penting. Karena berdasarkan laporan Dirjen Bismas Islam Kemenag RI, dari 2 juta pernikahan pada tahun 2012 ada 285.184 pasangan yang bercerai. Artinya dari 10 pasangan yang menikah, ada 1 pasangan pasti bercerai.

Duuuh serem kan. Makanya sebelum nikah cari tau ilmunya dulu. Biar ketika mengarungi lautan perniikahan, sebagai nakhoda kita sudah tau bagaimana solusinya. Karena sudah ada bekalnya lewat ilmu.

  • Ilmu Jemput Rejeki

Ini pun penting, jangan cuma maunya nikah aja. Tapi ketika giliran cari rejeki malah malas seubun-ubun. Harus tau ilmunya yang sesuai syari’at. Biar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh keluarga kita masuk kategori halalan thayyiban. Sehingga lahirlah generasi emas Islam dari bilik rumah sederhana kita. Mau kan?

Selain itu, pula harus paham ilmu mengelola keuangan rumah tangga. Agar dari awal, uang istri dan suami dipisah. Bila sudah begini, kita bisa mempraktikkan ilmu mawarits kelak ketika salah satu dari pasangan ada yang meninggal dunia.

  • Ilmu Relationship

Ternyata penyebab cerai itu kebanyakan bukan karena hilangnya rasa cinta. Penyebab sederhananya karena tidak bisa komunikasi yang baik dengan pasangan. Karena dari awal belum tau apa karakter, bahasa cinta dan gaya belajar pasangan jadilah gampang terjadi salah paham. Dari kesalahpahaman karena miskin ilmu baca karakter, jadi api kecil yang lama-lama membesar berujung perceraian.
Kita tidak mau begitu kan? Mumpung lagi jomblo, cari tau ilmunya deh segera. Apalagi bagi yang sudah siap menikah, wajib ini.

2. Upgrade Your Skill

Terus perbarui skill kita. Baik yang sudah kita bisa atau yang belum bisa. Utamakan skill yang dibutuhkan buat diri kita. Setiap kita dalam soal ini punya kebutuhan masing-masing jadi sesuaikan saja ya. Pastikan skill yang kita punya setiap harinya naik level 1%, itu anjuran dari Kek Jamil Azzaini. Sepaling minimal setiap tahun selalu ada peningkatan skill. Dari segi kualitas dan kuantitasnya.

Siapkan buat upgrade your skill, Mblo?

Ingat yang paling penting prakteknya bukan pahamnya. Langkah upgrade your skill lanjutan dari setelah dapat ilmu. Biar kita tidak jadi jomblo pengumpul ilmu saja, tapi jua jomblo pengamal ilmu.

3. Upgrade Your Heart

Ini berkaitan dengan kedewasaan kita dalam mengelola hati dan sikap. Kan banyak yang bilang, “Tua itu pasti, sedang dewasa itu pilihan.” Kalo mau jadi jomblo yang keren ya harus dewasa. Jamil Azzaini menyebutnya dengan istilah heartset. Tujuannya sih simpel, biar kita tidak hanya punya mindset yang positif, tapi juga cerdas secara emosional dan sikap. Biar kita tidak jadi jomblo baperan, galau tingkat dewa dan ngambekan.

Dengan kita dewasa secara sikap dan emosi, dalam rumah tangga nanti tidak bakal gampang marah. Kasian kan pasangan kita kalo harus sabar menghadapi sikap kita yang masih kekanak-kanakan.Ya, itu tadi 3 hal yang harus kita upgrade. Sebagai langkah buat mempersiapkan bertemu si dia. Karena kita sadar jadi jomblo saja tidak cukup. Kalo aktivis pacaran sibuk mesra-mesraan. Kita yang jomblo sibuk upgrade diri kita. Bukan malah sibuk stalking mantan atau inceran ya.

Sumber foto: bpsfuelforthought.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *